Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak perlu diketahui mengingat bahwa perkembangan bahasa pada anak merupakan salah satu aspek dari beberapa tahapan perkembangan anak yang seharusnya menjadi perhatian orang tua di rumah dan guru di sekolah. Perkembangan bahasa anak yang dimaksud yakni meningkatnya kemampuan penguasaan alat berkomunikasi, baik alat komunikasi dengan cara lisan maupun tertulis.

Dalam perkembangan bahasa anak, menurut para ahli terdapat sejumlah faktor yang dapat mempengaruhinya. Mengacu pada pendapat Vigotsky (Martini Jamaris, 2006: 34), faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak yakni:
  • Pertama, anak harus menggunakan bahasa untuk berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain. Kemampuan ini disebut dengan kemampuan bahasa secara eksternal dan menjadi dasar bagi berkomunikasi kepada diri sendiri.
  • Kedua, transisi dari kemampuan berkomunikasi secara eksternal kepada kemampuan berkomunikasi secara internal membutuhkan waktu yang cukup panjang. Transisi ini terjadi pada frase pra operasional, yaitu pada usia 2-7 tahun. Selama masa ini, berbicara pada diri sendiri merupakan bagian dari kehidupan anak. Ia akan berbicara dengan berbagai topik dan tentang berbagai hal, melompat dari satu topik ke topik lainnya.
  • Ketiga, pada perkembangan selanjutnya, anak akan bertindak tanpa berbicara. Apabila hal ini terjadi, maka anak telah mampu menginternalisasi percakapan egosentris (berdasarkan sudut pandang sendiri) ke dalam percakapan di dalam diri sendiri.
Sedangkan berdasarkan pendapat yang dikemukakan Petty dan Jensen (Rini Hildayani dkk., 2005: 11.8), ada empat faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa, yaitu:
  1. Berbedanya cara bagaimana si anak mempelajari bahasa tersebut,
  2. Berbedanya jenis bahasa yang dipelajari si anak,
  3. Berbedanya karakteristik kepribadian anak, dan
  4. Berbedanya lingkungan tempat proses pembelajaran bahasa itu terjadi.
Pendapat lain dikemukakan oleh Sunarto dan Agung Hartono (2006: 139-140) yang menguraikan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak yang dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Umur anak, yaitu faktor fisik akan ikut mempengaruhi sehubungan semakin sempurnanya pertumbuhan organ bicara, kerja otot-otot untuk melakukan gerakan-gerakan dan isyarat.
  2. Kondisi lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang memberi andil yang cukup besar dalam berbahasa. Perkembangan bahasa di lingkungan perkotaan akan berbeda dengan lingkungan pedesaan.
  3. Kecerdasan anak, yaitu kemampuan untuk meniru lingkungan tentang bunyi atau suara, gerakan, dan mengenal tanda-tanda, memerlukan kemampuan motorik yang baik. Kemampuan motorik seseorang berkorelasi positif dengan kemampuan intelektual atau tingkat berpikir.
  4. Status sosial ekonomi keluarga, yaitu keluarga yang berstatus sosial ekonomi baik, akan mampu menyediakan situasi yang baik bagi perkembangan bahasa anak-anak dan anggota keluarganya.
  5. Kondisi fisik, dimaksudkan kondisi kesehatan anak. Seseorang yang cacat yang terganggu kemampuannya untuk berkomunikasi seperti bisu, tuli, gagap, atau organ suara tidak sempurna akan mengganggu perkembangan berkomunikasi dan tentu saja akan mengganggu perkembangan dalam berbahasa.
Sebagai kesimpulan dari uraian di atas dapat ditegaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak usia dini, diantaranya: umur anak, kondisi lingkungan, kecerdasan anak, status sosial ekonomi keluarga, dan kondisi fisik.

Dalam kaitannya dengan karakteristik kepribadian anak, terdapat perbedaan individual yang dapat mendukung dan menghambat perkembangan bahasa pada anak. Melihat adanya perbedaan pada setiap anak maka yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak adalah dapat mengakomodasi perbedaan-perbedaan pada penguasaan atau penggunaan bahasa pada setiap anak untuk mengembangkannya ke arah yang lebih baik.

Sumber Bacaan:
  • Martini Jumaris. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Grasindo.
  • Sunarto dan Agung Hartono. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  • Rini Hildayani, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.